cari disini

Minggu, 06 Februari 2011

Trans Musi, BusWaynya Palembang


Palembang punya busway?
Proyek berharga ratusan juta ini diberi nama Trans Musi. Jenis transportasi umum baru yang ada di Palembang memiliki konsep busway seperti di ibu kota. Entah latah atau karena mengejar gengsi beberapa hari lalu pemkot mengadakan soft launching gratis naik Trans Musi.
Pembangunan halte busnya sendiri tergolong prosesnya cepat. Walaupun konsepnya seperti busway di ibu kota tapi nggak sepenuhnya dibuat sama persis. Jalur jalan Trans Musi ini sama seperti jalur kendaraan umum lainnya, dia nggak punya jalur khusus. Bedanya Trans Musi ini memberikan kenyamanan menggunakan jasa angkutan umum. Sebenarnya proyek ini untuk menghilangkan bus kota yang ada di Palembang. Secara berkala setiap tahun bus yang habis masa trayeknya maka nggak boleh diperpanjang lagi.
Aku sendiri nggak tahu bagaimana rute jalan Trans Musi di Palembang karena nggak ada peta khusus yang organisir halte-halte. Jika sudah bingung begini naik angkot/metromini adalah pilihan alternatif jika dibingungkan sama jalur Trans Musi.
Namun tanpa disadari adanya Trans Musi ini dapat menyebabkan tingkat pengangguran tinggi di Palembang. Belum lagi kerugian besar bagi pengusaha bus kota yang telah banyak habis investasikan uang mereka di bus. Tentunya mereka harus investasi lagi untuk Trans Musi yang harga per unitnya lebih mahal daripada bus kota

1 komentar: